Sabtu, 27 Oktober 2012

 Kost Bale Bangsa


Bale Bangsa merupakan suatu nama dari kost-kostan yang berada di Kampung Samirono - Yogyakarta. Pemilik dari Kost Bale Bangsa adalah Bapak Subiyantoro Kurniawan dan Ibu Shintia Yosepa. Kost Bale Bangsa terdiri dari 4 kamar laki-laki dan 7 kamar perempuan yang dipisah oleh rumah dari Bapak Toro (pemilik kost-kostan). Kost Bale Bangsa sudah berdiri lam dan mengalami banyak renovasi tetapi tidak mengalami perubahan yang drastis sehingga nilai keklasikannya masih tampak. Kata Bapak Toro, " Kost ini memang diseting seperti ini, tidak banyak dirubah supaya anak-anak yang kost sini zaman dulu bisa mengenang masa-masa waktu kost disini".

Kost-kostan bale bangsa sangat sejuk dan rindang oleh banyaknya pohon yang menghiasi. Ini merupakan nilai plus (+) sendiri karena kita lihat sekarang ini sedikit sekali pohon dan tanaman yang ada di kampung samirono. Dan sangat sedikit sekali kost-kostan disamirono yang memiliki banyak pohon dan tanaman di halamannya. Kebanyakan gersang karena sedikitnya pohon dan tanaman, bahkan ada yang tanpa pohon ataupun tanaman hiasa dalam pot. Tanaman juga berguna sebagai penyaring CO2 (Karbondioksida) dan menghasilkan O2 (Oksigen) untuk bernafas. Bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada tumbuhan hijau di halaman rumah kita? Pasti akan terasa panas dan gersang sekali seiring dengan makin banyaknya alat transportasi seperti sepeda motor dan mobil.
Selain itu terdapat Warung Makan Omah Ngarep di bagian depan rumah Bapak kost yang dikelola sendiri oleh Bapak Toro bersama Istri. Warung Omah Ngarep buka dari jam 9 sampai habis. Dan hebatnya selalu ramai oleh pengunjung dari kalangan mahasiswa sampai pegawai. Jadi yang kost di Bale Bangsa tidak perlu jalan jauh untuk membeli makan pagy maupun makan siang. Selain itu keramahan Bapak kost beserta keluarga juga membuat ikatan persaudaraan dikalangan penghuni kost semakin erat. Bahkan tetangga sebelah kost pun juga ramah-ramah. 
Saya merupakan salah satu yang menempati kost Bale Bangsa yang berada di no 3. Saya merasakan hal yang berbeda saat menempati kost ini. Banyak pengalaman baru yang saya dapat, serta saya mendapat keluarga baru yaitu keluarga besar kost Bale Bangsa. Sikap saling membantu, saling menolong, dan kerjasama dijunjung tinggi oleh setiap penghuni kost. Seperti menjaga kebersihan dan jadwal piket bersih-bersih.
Adapun event-event yang di buat oleh kost Bale Bangsa seperti "Kumpul Bareng Bale Bangsa". Kita semua penghuni kost berkumpul bersama dengan Pemilik rumah sekeluarga untuk sharing selama kost di Bale Bangsa. Jadi penyampaian saran, kritik, pujian dll disampaikan disini. Selain itu tujuan utama dari kumpul bareng ini adalah mempererat tali persaudaraan supaya lebih akrab dan saling simpati maupun empati. Berikut merupakan beberapa foto acara kumpul bareng yang dilaksanakan pada tahun 2010 yaitu memasak bersama kemudian makan bersama.





Terlihat keakraban dan kekeluargaan saat acara tersebut. Dan semoga tali persaudaraan dan kekeluargaan ini bisa terjaga sampai kapanpun. Dan kalo ada yang menikah undang-undang ya ataupun acarayang lain bisa komunikasi lewat phone ataupun facebook di grup Bale Bangsa maupu Omah Ngarep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar